KOMUNIKASI
A.Komunikasi Menurut Cara Penyampainnya
Dibedakan menjadi :
1.Komunikasi Lisan
Ø Komunikasi yang terjadi secara langsung dan tidak dibatsi oleh jarak, dimana dua belah pihak dapat bertatap muka, misalnya dialog dua orang , wawancara maupun rapat dsb.
Ø Komunikasi yang tejadi secara tidak langsung karena dibatasi oleh jarak, milsalakan komunikasi lewat telopon.
2. Komunikasi Tertulis
Ø Misalnya komunikasi yang dilaksanakan dalam bentuk surat dan dipegunakan untuk menyampaikan berita yang singkat, jelas tetapi dipandang perlu untu ditulis dengan maksud-maksud tertentu.
Ø Naskah yang biasansya dipergunakan untuk menyampaikan berita yang bersifat komplek.
Ø Blangko yang dipegunakan untuk mengirimkan berita dalam suatu daftar.
Ø Gambar, photo.
B. Komunikasi menurut kelangsunganya
Diantaranya :
1. Komunikasi Langsung
Yaitu : Proses komunikasi yang dilaksanakan secara langsung tanpa bantuan perantara orang ketiga ataupun media komunikas yang ada dan tidak dibatsi oleh jarak.
2. Komunikasi Tidak Langsung
Yaitu : Proses komunikasi yang dilaksanakan dengan bantuan pihak ketiga atau bantuan alat-alat media komunikasi.
C.Komunikasi Menutut Perilaku
Dianteaanya :
1. Komunikasi Formal
Komunikasi diantara anggota organisai yang tata caranya telah diatur dalam struktur organisasinya.
2.Komunikasi Inforrama
Komunikasi yang terajai di dalam organisasi yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi.
3.Komunikasi Nonformal
Komunikasi yang tejadi antara komunikasi yang berifat fomal dan informal.
D. Komunikasi Menutut Ruang Lingkup
1. Komunikasi Internal
Komunikasi yang berlangsung dalam ruang ling kup atau lingkungan organisasi atau operusaan yang terjadi diantara anggota organisai atau perusahaan itu sendiri.
Dibedakan menjadi 3:
1. Komunikasi vertical yang terjadi dalam bentuk komunikasi dari atasan kepda bawahan..
2. Komunikasi horizontal yang tejasi di dalam ruang llingkup organisasi yang mempunyai kedudukan sejajar.
3. Komunikasi diagonal yang teradi di dalam rang lingkup organisasi atau kantor diantara orang yang mempunyai kedudukan tidak sama pada posisi tidak sejalaur vertical.
2. Komunikasi Ekstrnal
Komunikasi yang berlangsung antara organisasi atau perusahaan dengan pihak masyarakat yang adal di luara organisasi atau perusahaan tersebut.
Dapat berbentuk :
- Eksposisi, pameran , promosi, publikasi dsb.
- Konperensi pers
- Siran telaevisi, radio , bakti social dsb.
0 komentar:
Posting Komentar